Selasa, 16 Oktober 2018

Jawaban Lengkap Mengapa Larva BSF Muda Keluar Dari Media Pemeliharaan

kebunia:: Satu masalah serius yang dialami para pemula ketika budidaya BSF karena larva muda banyak keluar dari media pemeliharaan, apakah penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya, berikut solusinya agar kejadian ini tidak terulang kembali. Di sini kami sampaikan pengalaman yang pernah  terjadi dipeternakan kami dari ketidaktahuan cara budidaya BSF yang baik dan benar sekaligus hasil pengamatan dalam sebuah percobaan sehingga larva BSF muda keluar dari media pemeliharaan.

Dalam kasus pertama yang kami alami mengapa larva BSF muda banyak keluar dari media pemeliharaan dikarenakan media pemeliharaan terlalu tebal, waktu ini masih awalan belajar budidaya serangga black soldier flies mulai dari larva yang sudah ada sebelumnya ditumpukan kotoran kelinci. Masalah utamanya bukan hanya karena tebal akan tetapi teralalu padat dan agak basah sehingga terjadi fermentasi media yang menyebabkan panas, bahkan penutupnya juga basah sehingga membuat larva banyak yang keluar dari media kemudian merayap ke atas mencapai penutup. Dalam kasus ini banyak larva BSF muda maupun yang dewasa banyak yang mati.
Upaya penyelamatan dilakukan dengan membagi media pemeliharaan menjadi 3 bagian dalam 3 wadah, dalam 2 sampai 3 hari berikutnya tidak menyelesaikan masalah walaupun larva yang hampir mati masih bisa melanjutkan fase kehidupannya hingga artikel ini dibuat. Permasalahan tidak selesai karena media tetap panas sekitar 5 hari diakibatkan campuran bahan media terkena bahan yang agak basah berupa ampas kelapa. Pada hari pertama penyelamatan banyak larva BSF keluar dan hilang dikarenakan media masih cukup tebal dan basah menjangkau wadah pemeliharaan karena menggunakan keranjang buah. 
Tahap ke-dua dilakukan sortir ulang mengurangi media dan menambahkan serutan kayu untuk mengurangi panas, pengadukan sehari tiga kali dilakukan selama 3 hari, itupun belum menyelesaikan masalah dengan tuntas karena masalah barupun muncul dengan berkurangnya lalat BSF liar yang bertelur disekitar media pemeliharaan hingga hari ke-lima tidak ada lalat yang bertelur disekitar media walaupun ada yang datang, baru pada hari ke-enam didapatkan 1 cluster saja Alhamdulillah.
Tahap akhir dalam proses ini penyortiran ulang sehingga benar-benar tanpa media lalu mengganti semua media menggunakan bekatul dan BR pakan ayam. Pada tahap ini aman tanpa ada masalah karena media pemeliharaan berupa bekatul dan pakan ayam dalam keadaan kering dan larva mengumpul diarea yang tertutup karena gelap.
Percobaan untuk mengetahui mengapa larva muda BSF banyak keluar dari media dengan cara membasahi media pemeliharaan dan mulailah larva-larva BSF bergerak cepat menuju pinggiran dan naik ke atas memanjat dinding pemeliharaan dengan mudah karena badannya basah terkena air yang terus menempel dan meninggalkan bekas, kemudian kami taburkan bekatul/dedak halus disekeliling media sampai menimbun larva yang sudah menumpuk, hasilnya larva-larva ini kesulitan naik ke atas karena badannya kembali kering terkena bekatul.
Kesimpulannya media basah akan membuat larva BSF muda keluar dari media pemeliharaan sehingga perlu diusahakan media cukup kering walaupun tidak kering sekali dan media pemeliharaan jangan sampai basah terutama bagian dinding, jika menggunakan pakan basah usahakan letakkan dibagian agak ke tengah supaya cairan tidak membasahi dinding.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan, jika tidak sesuai topik atau sekedar promosi secara langsung atau tidak langsung tidak akan kami tampilkan, karena materi ini disajikan untuk kepentingan bersama.