Kamis, 25 Oktober 2018

Inilah Hasil Uji Coba Pemberian Pakan Padat, Lembek, Dan Serbuk Untuk Larva BSF

Pemberian pakan pada budidaya larva black soldier flies (BSF) ternyata tak semudah yang disampaikan para tentor budidaya BSF, banyak hal yang tidak bisa disamakan antara kondisi disatu tempat dan tempat lain walaupun secara teori sama akan tetapi pada prakteknya lain. Demikian juga yang kami alami ketika memberikan pakan tambahan untuk larva BSF dalam bentuk serbuk berupa bekatul, dalam bentuk padat berupa konsentrat ayam broiler dan pellet ikan, maupun daun segar, dan yang terakhir daging buah plus kulit dan bijinya, apa yang terjadi? Berikut ini hasil uji coba kami dalam penerapan pakan untuk larva BSF yang baik dan benar menurut pandangan kami.


1. Pemberian pakan berupa bekatul untung ruginya dalam budidaya BSF.

Dari hasil pengamatan kami ada beberapa hal yang bisa disimpulkan terkait untung ruginya pemberian bekatul pada budidaya larva black soldier flies.
Apa fungsi sebenarnya bekatul dalam budidaya larva BSF, hanya sebagai media atau media plus pakan karena dari pengamatan kami hampir tidak ada bedanya yang membuat kami ragu benarkah bekatul menjadi makanannya karena terlihat banyak sisa bekatul tidak tuntas dimakan dengan ditandai butiran kasar tercampur dimedia karena ada perubahan warna, walaupun kondisi media tidak basah tapi juga tidak kering sekali, hal ini tampak berbeda ketika diberi pakan daging buah terlihat buah benar-benar hancur terurai.
  1. Keuntungan: Membuat media dan tempat budidaya bebas bau dan kering.
  2. Kerugian: Banyak material dari bekatul yang bisa dicerna dan meninggalkan sampah yang cukup lama terurai oleh alam bukan dimakan belatung BSF.

2. Pemberian konsentrat dan pellet ikan untuk larva BSF untung ruginya.

Penambahan pellet ikan kualitas sedang dengan harga eceran Rp. 7.000 dibanding kualitas di atasnya seharga Rp. 11.000 dan konsentrat untuk pakan ayam broiler memang terlihat sedikit beda dengan tidak nampaknya sisa pakan yang terlihat nyata, kecuali adanya butiran jagung giling dalam konsentrasi pakan ayam yang tidak terurai dan masih meninggalkan bau tepung ikan dari bahan pellet ikan yang cukup terasa.
  1. Keuntungan: Menimbulkan aroma lebih kuat sehingga mengundang BSF liar untuk datang dan bertelur disekitar lingkungan budidaya.
  2. Kerugian: Biaya yang cukup mahal dan perlu diperhitungkan walaupun hasilnya berbanding lurus dengan angan-angan, yang mana jika pakan banyak mengandung protein akan meningkatkan kualitas larva dan indukan nantinya berdasarkan literatur, akan tetapi dari pengamatan kami sepertinya larva dengan pakan kotoran ternak memiliki ukuran lebih besar ketika menjadi puppa.

3. Pemberikan pakan berupa daun segar untuk larva BSF

Pada asalnya, makanan larva BSF adalah yang lembek walaupun bukan berarti mengandung air yang cukup, intinya adalah lunak karena ketika kami beri potongan rumput dan sayuran segar masih utuh dalam waktu 1 hari lebih. Barulah ketika direkayasa dengan sedikit dirusak supaya tidak utuh barulah ada reaksi larva-larva mengerumuni untuk menghancurkan sayuran. Demikian juga ketika diberi sayuran yang sudah dimasak larva mampu mengurai akan tetapi meninggalkan tulang daun pada sayuran baik pada sayuran daun ataupun buah akan meninggalkan bagian agak keras seperti biji dan serat.
  1. Keuntungan: Membantu mengurai sampah rumah tangga lebih cepat dan produktif.
  2. Kerugian: Tidak menyelesaikan penumpukan sampah dalam waktu singkat karena akan menambah pekerjaan baru dengan memisahkan sampah padat, besar, menambah volume yang akan merepotkan ketika panen maggot BSF.

4. Pemberian daging buah dan management cara pemberian pakan yang baik dan benar untuk larva BSF

Cara terakhir yang mungkin kurang disukai peternak atau pembudidaya lalat black soldier flies BSF dalam mengatur pemberian pakan yang agak sedikir ribet pada tahap awal, akan tetapi meringankan pekerjaan pada tahap selanjutnya di mana daging buah langsung terurai dengan cukup cepat yang kami tempatkan pada wadah khusus dibagian tengah dengan ukuran agak tinggi sehingga larva berkumpul pada wadah hingga atas, akibatnya bagian pinggir menjadi kering karena larva terkonsentrasi pada wadah pakan dibagian tengah.
Keuntungan: Memudahkan pemberian pakan dan mengukur kapasitas pakan sebenarnya benar-benar dimakan atau tidak. 
Memudahkan proses panen karena tinggal angkat wadah pakan yang akan terbawa pula larva yang berada di dalam wadah tanpa perlu diayak untuk memisahkan media dengan larva.
Lingkungan budidaya lebih bersih dan bebas bau karena mudah ketika hendak mengambil bagian tertentu di sini, baik larvanya atau media yang sudah terurai.
Lebih hemat tempat dan memudahkan pemantauan kondisi larva.
Kerugian: Agak ribet untuk mendesain ulang bagi yang sudah terlanjur punya tempat budidaya atau perlu mengeluarkan dana untuk menambah peralatan berupa wadah pakan.
Kulit, biji dan serat tidak bisa terurai atau bahkan utuh walaupun sudah dirajang

Kesimpulan:

  • Cara terakhir inilah yang kami terapkan hingga saat ini karena memiliki berbagai kelebihan seperti, lebih mudah pengawasan, hemat tempat, hemat waktu jika pakan harus mencari/mengambil, hemat biaya jika pakan harus didatangkan dengan peralatan dan tenaga bayaran, bebas bau, pemberian porsi makan yang tepat, mempermudah proses panen tanpa perlu memilah dan mengayak untuk memisahkan larva dengan media karena dengan sendirinya akan terpisah antara larva dengan media.
  • Larva tidak bisa mengurai bahan-bahan yang agak keras seperti kulit luar, serat, dan biji, akan tetapi karena dalam wadah mudah disingkirkan.
  • Larva menyukai bahan organik yang lembek tanpa serat walaupun memiliki kemampuan menghacurkan bahan padat, akan tetapi cukup lama yang berakibat kurang nutrisi dan pertumbuhan lambat.
  • Larva menyukai tempat yang gelap dengan berkumpul dibagian tengah berupa wadah pakan yang diberi tutup lembaran plastik hitam pada bagian atasnya, ketika tutup dibuka larva segera menyingkir menuju tempat yang lebih gelap.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan, jika tidak sesuai topik atau sekedar promosi secara langsung atau tidak langsung tidak akan kami tampilkan, karena materi ini disajikan untuk kepentingan bersama.