Kamis, 18 Agustus 2016

Peluang Bisnis Budidaya Azola Di Kolam Terpal


 
kebunia :: Peluang Bisnis Budidaya Azola Di Kolam Terpal
Azola, tanaman sejenis ganggang yang tumbuh diperairan memiliki banyak manfaat untuk nutrisi tanaman, pemurnian dan penjernihan air secara alami, pengikat dan penetralisir racun, pengikat nitrogen, dan sebagai pakan ternak baik ikan, unggas dan ternak ruminansia. Dengan banyaknya manfaat azola, kebunia menyajikan informasi cara budidaya azola di kolam terpal dalam meningkatkan suplay yang memadai untuk semua kebutuhan karena jika hanya mengandalkan alam kebutuhan azola tidak akan tercukupi, terlebih lagi tanaman ini hanya bisa dijumpai dilahan pesawahan, kolam ikan, dan perairan yang tidak terawat seperti aliran sungai, embong, empang, danau, dan tempat-tempat yang memungkinkan tumbuh tanaman ini.

Panduan Budidaya Azola Di Kolam Terpal

Kebutuhan azola untuk pakan ternak terus meningkat dengan jumlah populasi ternak yang dikembangkan dan tingkat pengetahuan peternak untuk menggunakan azola sebagai pakan ternak, masalahnya, berbagai kendala dalam penyediaan azola sebagai pakan ternak terbentur dengan kurangnya ketersediaan azola di pasaran karena selama ini hanya mengandalkan suplay dari alam yang hanya bisa didapatkan pada musim penghujan sehingga kondisi ini menjadi sebuah peluang bisnis pengadaan azola sebagai pakan ternak yang tidak terikat dengan waktu dan tempat.
Tehnologi budidaya azola bisa dilakukan dilahan kering menggunakan kolam buatan, salah satunya adalah budidaya azola di kolam terpal. Dengan keterbatasan sumberdaya dan lahan budidaya azola bisa dilakukan di mana saja dengan mempertimbangkan syarat tumbuh dan kondisi lahan tempat budidaya.
Beberapa syarat dalam panduan budidaya azola di kolam terpal meliputi; 
  1. Pengetahuan tehnis budidaya azola yang mutlak dimiliki setiap pembudidaya azola karena ini kunci keberhasilan dalam budidaya azola
  2. Bibit Azola
  3. Lahan tempat budidaya
  4. Kondisi lingkungan
  5. Iklim dan cuaca
  6. Saran dan pra sarana budidaya azola di kolam terpal


Petunjuk Budidaya Azola Di Kolam Terpal


1. Pengetahuan tentang Azola
Penjelasan tentang diskripsi, morfologi, kandungan Azola, berapa kadar nitrogen dalam azola, jenis unsur N dalam Azola, unsur yang dikandung dalam azola, syarat tumbuh azola, kegunaan Azola, manfaat Azola, Azola untuk apa, jenis ternak yang menyukai Azola, apakah Azola bisa untuk pakan kambing, apakah Azola bisa untuk pakan sapi, apakah Azola bisa untuk pakan ayam, apakah Azola bisa untuk pakan ikan, dan lain-lain. Semua manfaat Azola dalam semua kegiatan budidaya tanaman dan pakan ternak bisa Anda temukan diblog ini, akan tetapi pada materi ini terfokus pada budidaya Azola di kolam terpal. Sehingga pengetahuan dasar tentang Azola mutlak harus Anda miliki karena ada beberapa jenis Azola yang tidak cocok untuk Anda budidayakan.

2. Pengadaan bibit Azola
Sebelum memulai budidaya Azola persiapkan bibit yang baik karena nantinya dengan bibit yang baik akan dihasilkan panen yang baik pula.
Pengadaan bibit Azola tidaklah sulit karena bibit Azola bisa Anda dapatkan dengan mengambil di alam, akan tetapi lain lagi kasusnya bagi Anda yang tinggal di daerah kering yang jauh dari pesawahan, kolam ikan dan sumber-sumber air.
Pada musim kemarau, Azola bisa ditemukan di aliran air seperti irigasi karena debit air irigasi pada musim kemarau kecil sehingga memungkinkan Azola banyak tumbuh di sana, berbeda ketika musim penghujan derasnya aliran air tidak memungkinkan Azola tumbuh karena terbawa arus.
Kabar baiknya, Azola dapat di beli secara online karena banyak penyedia Azola Online yang akan membantu kebutuhan bibit Azola untuk Anda kembangbiakkan. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan bibit Azola setiap saat karena foto dalam artikel ini adalah dokumentasi pribadi kebunia, bukan comotan dari internet.

3. Persyaratan dalam budidaya Azola di kolam terpal
Keberhasilan Anda dalam budidaya Azola harus didukung semua sarana dan pra sarana karena kurangnya sarana bisa mengakibatkan gagal panen atau tidak seimbang antara biaya perawatan dan hasil panen di antaranya adalah;
  • Berapa luasan lahan yang akan Anda gunakan untuk budidaya Azola.
  • Berapa harga terpal per meter.
  • Bagaimana cara pengadaan bibit Azola.
  • Apa saja pupuk yang digunakan untuk budidaya Azola
  • Jenis air yang digunakan dalam budidaya Azola
  • Faktor lingkungan budidaya yang aman dari gangguan luar dan tercukupinya sinar matahari.

Kebunia memberi gambaran singkat sebagai berikut untuk mempercepat pembahasan.
Kebutuhan lahan bisa disesuaikan, terutama jika masih dalam tahap percobaan sehingga perlu dipertimbangkan luas dan bahan terpal yang digunakan sekaligus untuk mempelajari karakter tanaman Azola sebelum dibudidayakan secara masal.
Mengandalkan pengetahuan dari berbagai sumber kadang tidak bisa dijadikan patokan karena berbeda pelaku usaha dan kondisi lingkungan beda pula hasilnya, cara terbaik adalah lakukan percobaan budidaya Azola skala kecil.
Setelah Anda mendapatkan bibit baik dalam bentuk spora atau tanaman siap tebar, persiapkan lahan terlebih dahulu berupa kolam terpal yang sudah jadi, lumpur yang mengandung nutrisi tanaman, ketinggian air, dan sinar matahari yang cukup karena tanaman ini butuh full sun/sinar matahari penuh lebih dari 6 jam perhari.
Air yang digunakan tidaklah harus memiliki syarat khusus, asalkan tidak tercemar dan bersih sangat disarankan, apalagi jika sering berganti yang bisa diupayakan dengan cara rotasi air menggunakan pompa setiap berapa hari sekali untuk membuang kotoran yang mengganggu pertumbuhan tanaman karena akan muncul ekosistem di kolam terpal tempat budidaya Azola.
Faktor lingkungan cukup berperan dalam keberhasilan budidaya, salah satunya adalah keamanan dari gangguan luar baik ternak ataupun manusia yang kadang iseng, ingin tahu, atau memang sengaja mengganggu untuk sekedar mengambil manfaat atau merusak.
Silahkan hubungi kami untuk informasi selengkapnya melalui menu komentar agar bisa kami bahas atau jawab dikolom komentar supaya bisa dibaca yang lain semua permasalahan yang Anda temukan.

Artikel ini Anda temukan dengan penelusuran:
azolla pakan ternak
azolla untuk pakan ikan
budidaya azolla
jual azolla
jenis azolla
azolla microphylla
makalah azolla
azolla pinnata
jenis2 azolla
macam2 azolla
jenis tanaman azolla
jenis tumbuhan azolla
macam macam azolla
kandungan azolla
azolla filiculoides
cara budidaya azolla
kandungan azolla kering
kandungan azolla microphylla
fungsi azolla
kandungan nutrisi azola
manfaat azolla pinnata
tanaman azzola
tanaman ajola
fungsi azolla pinnata
tanaman azolla
kandungan nutrisi azolla
kandungan gizi azolla
tanaman azzolakandungan nutrisi azolla microphylla
kandungan azolla pinnata
tanaman azolla pinnata
pohon azolla
jenis tanaman azollabudidaya azolla untuk pakan lele
azolla pakan alternatif lele
azolla microphylla pakan lele
pakan lele azola
azolla kering
cara mengolah azolla untuk pakan lele
cara membuat pakan lele dari azolla
budidaya rumput azollabudidaya azolla untuk pakan lele
azzola untuk pakan lele
rumput azolla untuk pakan lele
fermentasi azolla untuk pakan lele
cara membuat pakan leletepung azolla fermentasi
rumput azolla pakan lele
membuat pakan lele dari azolla
cara fermentasi pakan lele dengan em4
fermentasi pakan lele dengan probiotik
fermentasi pakan lele pola hcs
pakan lele fermentasi dedak