Sabtu, 20 Agustus 2016

5 Manfaat Budidaya Sayuran Di Pekarangan

kebunia :: 5 Manfaat Budidaya Sayuran Di Pekarangan
Kebutuhan bahan makanan sehari-hari cukup menyita anggaran karena merupakan kebutuhan pokok yang harus terpenuhi setiap hari, bagi mereka yang memiliki penghasilan terbatas kebunia memberi solusi untuk menghemat anggaran belanja bahan makanan dengan mengupayakan pemanfaatan lahan pekarangan sebagai sumber pangan dan gizi bagi keluarga. Ada 5 manfaat budidaya sayuran di pekarangan yang akan dibahas di sini.
Selebar apapun tidak menghalangi kita untuk melakukan berbagai kegiatan budidaya tanaman karena kebunia memberi beberapa contoh cara budidaya kreatif memanfaatkan berbagai bahan yang bisa ditemukan disekitar kita beserta tehnik perawatan tanaman hingga panen yang terbagai dalam beberapa materi khusus seputar budidaya dan trik budidaya baik pola tanam konvensional maupun hidroponik

Manfaat Menanam Sayuran di Pekarangan

Menanam sayuran tidaklah butuh tempat yang luas, dengan beberapa tehnik yang simple budidaya tanaman bisa dilakukan di mana saja baik out door maupun in door.
Jika Anda suka menanam tanaman bunga yang hanya sebatas kesenangan sementara karena suatu ketika Anda lihat jenis tanaman yang menarik kemudian dibawa pulang dan di tanam dipot, setelah itu tak terawat hingga tanaman merana, Alasannya hanya karena Anda bosan melihat tanaman tersebut dan tidak memberikan hasil yang nyata hanya memenuhi tempat saja, bahkan dibuangpun sayang, tapi dirawat juga enggan. Berbeda halnya jika yang Anda tanam adalah sayuran karena memberikan beberapa keuntungan yaitu;

  1.  Menambah gizi bagi keluarga Anda dengan hasil yang lebih baik karena lebih aman dan terjamin dari berbagai bahan berbahaya dari sarana produksi sayuran di perkebunan sayur berupa pestisida maupun insectisida.
  2. Dengan budidaya sayuran di pekarang akan menghemat anggaran belanja bahan makanan, contohnya ketika Anda memiliki 10 batang tanaman cabai diperkirakan jika keluarga Anda suka makanan pedas dengan kebutuhan cabai yang dibeli Rp. 500 berarti Anda sudah menghemat Rp. 500 perhari, belum lagi jenis bahan makanan lainnya yang bisa Anda panen dari kebun sendiri walaupun hanya kangkung, bayam, daun singkong, dan lain-lain.
  3. Kesibukan merawat tanaman sayuran dalam pot akan sedikit menghilangkan kepenatan setelah seharian bekerja dan berbagai problem lainnya sehingga kegiatan berkebun menjadi sarana refreshing yang murah.
  4. Halaman yang gersang tanpa tumbuhan akan lebih menjemukan dibanding jika di halaman kita terdapat berbagai jenis tanaman, ada perasaan beda ketika kita memperhatikan tanaman satu persatu terlebih lagi jika sedang mengamati perkembangan tanaman sehingga selain sebagai penghijauan juga mengoptimalkan lahan pekarangan untuk mendapatkan berbagai keuntungan psikologis dan manfaat bagi lingkungan.
  5. Aneka ragam tanaman yang ada dipekarangan berbagai jenis dan memiliki karakter berbeda bida menjadi sarana edukasi bagi anak-anak untuk cinta lingkungan dengan melakukan kegiatan explorasi pengamatan setiap tanaman mulai dari biji hingga berbuah yang tentunya lebih menarik dan bermanfaat bagi masa depan mereka, karena anak-anak akan lebih kreatif dan sehat dengan adanya tanaman sayuran di pekarangan kita. 
Inilah 5 manfaat budidaya sayuran di pekarangan, jika Anda memiliki pendapat yang lain silahkan diskusikan di kolom komentar.