Senin, 11 Juli 2016

Cara Unik Memperbanyak Tanaman Karsen Tanpa Biji Dan Cangkok


Kebunia :: Cara Unik Memperbanyak Tanaman Karsen Tanpa Biji Dan Cangkok.
Beberapa metode perkembang biakan tanaman secara umum adalah dengan persemaian biji, stek pucuk, cangkok, merunduk, dan kultur jaringan. Tidak semua bisa dilakukan perkembang biakan menggunakan cara yang sama karena karakteristik tanaman juga berbeda, ada juga tanaman yang berkembang biak menggunakan akar dan umbi maupun spora yang bisa direkayasa atau secara alami.

Kali ini kebunia berbagi pengalaman cara memperbanyak keras tanaman tanpa cangkok, stek, maupun semai biji cukup dengan bermodalkan air bersih dan wadah sebagai media tumbuh. Percobaan pertama yang dilakukan terhadap tanaman karsen karena dari pengamatan batang tanaman karsen berpotensi bisa tumbuh akar dengan cepat. Metode ini juga bisa diterapkan dengan mudah pada beberapa tanaman yang memiliki akar angin dan kambium yang banyak seperti tomat, terung, beringin, dan lain-lain termasuk tanaman sayuran bayam, kangkung, sawi, dan lain-lain yang umumnya ditandai adanya garis alur putih dan bintik-bintik calon akar.
Dari hasil uji coba akar tanaman karsen direndam air selama 3 minggu dengan penggantian air, metode ini mengacu dalam tehnik budidaya secara hidroponik, hasilnya bisa Anda lihat dari foto-foto berikut ini.

Cara memperbanyak tanaman karsen tanpa cangkok, stek dan biji 



  • Pilih batang/cabang yang menempel dibatang utama, tapi bisa juga Anda coba batang yang lain.
  • Buang sebagian daun untuk menjaga tanaman dehidrasi.
  • Rendam dalam larutan hormon penumbuh akar semalam.
  • Selanjutnya letakkan batang karsen di media yang sudah disiapkan tanpa tambahan nutrisi, cukup air bersih saja.

  • Tunggu dan amati perkembangan akar dan batang karena bisa jadi ada gejala kegagalan batang menjadi busuk, sebaiknya gunakan beberapa batang untuk mengetahui batang mana yang bisa tumbuh dan tidak.


Selamat mencoba dan jangan lupa berikan pendapat Anda dikolom komentar tentang tehnik memperbanyak tanaman tanpa biji, stek, cangkok, merunduk, dan kultur jaringan ini. Atau mungkin Anda punya ide atau ingin menambahkan supaya materi ini lebih lengkap. 
Terimakasih.