Kamis, 28 Juli 2016

Cara Cepat Memberantas Hama Kutu Daun/Thrips Tanpa Pestisida Pada Tanaman

kebunia :: Cara Cepat Memberantas Hama Kutu Daun/Thrips Tanpa Pestisida Pada Tanaman

Hama thrips (thrips parvispinus) atau thrips sp memiliki nama yang lebih umum dengan sebutan  Thrips tabaci Lindeman, hama thrips adalah jenis hama sejenis serangga yang menghisap cairan daun dan banyak ditemukan dibawah permukaan daun atau pucuk-pucuk tanaman ditandai juga dengan banyaknya semut yang ikut bergerombol dalam koloni hama thrips sehingga menyebabkan bagian tanaman tempat bersarang hama trips menjadi hitam dan tertutup pori-porinya. Keberadaan hama thrips diikuti kondisi pucuk tanaman dan daun menggulung serta keriting dengan pertumbuhan tanaman yang terganggu.

Lingkungan Yang Disukai Hama Thrips, Ciri-Cirinya Serta Cara Berkembang Biak

Habitat hama thrips banyak ditemukan dalam beberapa jenis tanaman seperti bawang merah, cabai atau cabe, anggrek, daun beringin, jagung, jeruk, kentang, mangga, melon, padi, selada, semangka, tembakau, dan tomat. secara morfologi hama thrips dapat dideteksi dengan beberapa ciri khusus dengan bentuk hama thrips yang ukuran kurang lebih 1 mm untuk ukuran Trips dewasa dengan warna kuning pucat, cenderung gelap kecoklatan atau hitam.  
Perbedaan warna kutu thrips dipengaruhi kondidi lingkungan yang rendah, dan biasanya warna hama kutu trips akan terlihat lebih gelap jika berada suatu lingkungan bersuhu rendah. Hama thrips ada yang jantan dan betina dengan ciri Trips jantan tidak memiliki sayap, sedangkan thrips betina mempunyai sepasang sayap.  
Cara perkembang biakan hama trips memang cukup unik yaitu menghasilkan telur tanpa melalui kawin atau partenogenesis, sedangkan sekali bertelur bisa mencapai 80 – 120 butir dan masa kehidupan dan siklus hidup hama trips berlangsung sekitar 3 minggu, akan tetapi untuk Trips dewasa bisa hidup selama 20 hari. Bentuk telur hama thrips adalah oval yang diletakkan berpencar di permukaan bagian tanaman atau ditusukkan ke dalam jaringan tanaman. Kecepatan perkembangbiakan hama thrips banyak terbantu oleh hembusan angin dan kemampuan hama untuk berpindah tempat dengan cara meloncat.
Contoh hama thrips perhatikan foto di bawah ini.

Pecegahan, Pengendalian, dan Pemberantasan Hama Thrips Secara Alami


Bagi anda yang tidak sabar dengan banyaknya jumlah hama thrips yang mengancam kelangsungan tanaman serta sulit dikendalikan populasinya, tidak salah jika menggunakan insektisida yang ampuh untuk membunuh hama thrips, akan tetapi jika belum parah masih bisa ditanggulangi secara alami menggunakan bahan-bahan yang ada disekitar kita. Cara mengatasi hama thrips pada tanaman cabe, semangka, dan lain-lainnya bisa menggunakan satu cara yang sama kepada jenis tanaman yang lain, akan tetapi cara yang paling tepat adalah pengendalian hama thrips secara alami menggunakan beberapa resep yang praktis dan ampuh untuk mengusir hama thrips seperti tembakau, bawang putih, dan beberapa jenis tanaman aromatik. Akan tetapi jika tidak ada pilihan lain kecuali harus diberantas, bisa mengkombinasikan antara insectisida kimia dan organik.

Cara membuat ramuan pembasmi hama yang sudah terbukti ampuh mengendalikan dan memberantas hama kutu thrips dengan cara menggerus, atau menghancurkan untuk diambil cairan yang nantikan digunakan dengan cara disemprot, atau menanam jenis tanaman aromatik  disekitar lahan budidaya untuk mengusir kutu karena tidak suka dengan aroma tanaman tersebut.
Cara yang paling praktis dan murah yang sudah kami buktikan sendiri hasilnya adalah dengan mencampurkan bubuk deterjen, baking soda, dan serbuk kapur semut ke dalam air dengan cara disemprotkan kesemua bagian tamanan yang terkena serangan hama thrips ataupun yang masih sehat untuk pengendalian hama thrips.
Cara dan takaran membuat pestisida alami pengendali hama thrips lihat dikolom komentar, dan silahkan diskusikan yang Anda ketahui atau belum jelas bagi Anda.
Semoga bisa membantu meringankan beban kita untuk menekan biaya produk proyek budidaya kita, contoh dalam foto di atas aplikasi pada tanaman kecipir.