Rabu, 27 Juli 2016

Cara Stek Tanaman Jeruk Hidroponik Agar Cepat Berbuah

Inovasi Baru Budidaya Jeruk Dengan Tehnik Perendaman Batang Untuk Mempercepat Pengembangan Bibit Dan Menghasilkan Tanaman Cepat Berbuah


kebunia :: Jeruk salah satu buah yang memiliki keunikan dibanding jenis buah lainnya karena jenisnya beragam, serta banyak ditemukan dibeberapa daerah dengan berbagai keunggulan dengan penyebutan yang berbeda pula walaupun namanya tetap jeruk. Pemanfaatannya juga berbeda-beda sesuai fungsi bagian tanaman jeruk dan manfaatnya, ada jenis jeruk yang diambil buahnya, dan ada juga jenis jeruk yang diambil kulit atau daunnya.


Jenis Dan Nama-Nama Jeruk

Dari hasil analisa tentang buah jeruk banyak varietas jeruk tersebar hampir diseluruh dunia sehingga Anda akan disodorkan berbagai nama buah jeruk yang mengacu dari tempat asal tumbuh dan ciri khas yang berbeda dengan jeruk lainnya seperti; jeruk wangi, jeruk asam, jeruk australia, jeruk baby, jeruk bali, jeruk bali merah, jeruk balitjestro, jeruk banyuwangi, jeruk besar, jeruk bw, jeruk bw lampung, jeruk china, jeruk chokun, jeruk daun, jeruk dekopon, jeruk frimong, jeruk garut, jeruk gerga, jeruk gergah, jeruk hias, jeruk imlek, jeruk jari budha, jeruk jepang, jeruk kalamansi, jeruk kasturi, jeruk keprok, jeruk keprok 55, jeruk keprok batu 55, jeruk keprok dalam pot, jeruk keprok garut, jeruk keprok guide, jeruk keprok pdf, jeruk keprok tejakula, jeruk kimkit, jeruk kintamani, jeruk kunci, jeruk lebong, jeruk lemon, jeruk lemon amerika, jeruk lemon california, jeruk lemon cui, jeruk lemon tea, jeruk limau, jeruk limo, jeruk madu, jeruk mandarin, jeruk manis berastagi, jeruk manis medan, jeruk manis , jeruk manis pontianak, jeruk monte, jeruk nagami, jeruk nasa, jeruk nipis, jeruk nipis jumbo, jeruk nipis organik, jeruk nipis , jeruk nipis tanpa biji, jeruk nipis unggul, jeruk orange, jeruk organik, jeruk pamelo, jeruk pamelo madu, jeruk pecel, jeruk pepaya, jeruk peras, jeruk ponkam, jeruk pontianak, jeruk purut, jeruk sambal, jeruk santang, jeruk santang madu, jeruk semboro, jeruk siam banjar, jeruk jember, jeruk siam jember, jeruk siam madu, jeruk siam, jeruk sunkist, jeruk tanah karo, jeruk tanpa biji, jeruk tebas, jeruk tejakula, jeruk tongheng, jeruk trigas, jeruk wangi, dan  jeruk wedang.

Tehnik Perbanyakan Pohon Jeruk Dengan Cepat Dan Berbuah

Jika Anda sedang mencari artikel tentang budidaya jeruk atau mencari cara agar tanaman jeruk cepat berbuah seperti jeruk kasturi, jeruk lemon, jeruk , jeruk purut , jeruk santang cepat berbuah baik yang ditanam ditanah atau tabulampot jeruk cepat berbuah. Di sini kami coba memberikan sedikit informasi tentang inovasi budidaya jeruk agar cepat berbuah diluar musim dan tehnik perbanyak pohon jeruk dengan cepat tanpa okulasi, cangkok, kultur jaringan ataupun semai biji. Tehnik ini termasuk berhasil bahkan salah satu batang hasil uji coba kami sudah terlihat mulai berbunga walaupun tunas baru saja muncul. Perhatikan foto di bawah ini.

Tehnik mempercepat munculnya buah pada tanaman jeruk yang kami lakukan sangat sederhana, hanya menggunakan satu dahan yang dipotong-potong kemudian direndam air bersih dan diganti tiap 1-2 hari sekali tanpa penambahan pupuk, setelah 1 minggu barulah batang jeruk dipindahkan, saya menggunakan pot karena memang rencananya ingin mengembangkan perkebunan jeruk dalam pot atau budidaya jeruk tabulampot dengan sedikit tehnik perawatan agar buah jeruk selalu ada setiap musim dan supaya tanaman jeruk bisa berbuah diluar musim dengan cepat.

Cara Memilih Tanaman Jeruk Yang Cocok Untuk Lingkungan Anda

Secara asal tanaman jeruk bisa tumbuh dibeberapa jenis lahan seperti; lahan gambut, lahan pasang surut, rawa, tanah liat dan cadas, akan tetapi semua menyesuaikan kondisi dan butuh perawatan khusus karena setiap lahan memiliki kemampuan yang berbeda sebagai syarat tumbuhnya tanaman jeruk. Jika Anda mungkin memiliki gambaran atau rencana untuk budidaya jeruk, barangkali pernah berpikir mungkinkah budidaya jeruk nipis dalam pot, bagaimana tehnik budidaya jeruk purut dalam pot, apakah bisa budidaya jeruk santang dalam pot, bagaimana tehnik yang benar budidaya jeruk nipis dengan stek dan bagaimana cara budidaya jeruk yang baik dan benar. Di sini Anda sudah menemukan jawabnnya bahwa jeruk mampu tumbuh disemua jenis tanah asalkan sesuai dengan syarat tumbuh tanaman jeruk, misalnya apakah jeruk dekopon bisa ditanam di rawa-rawa. Untuk menjawabnya Anda harus mempelajari asal-usul dan karakter tanaman jeruk tersebut yang pada asalnya tumbuh dalam kondisi tanah seperti apa sehingga bibit yang tepat di tanam yang lahan yang tepat maka hasilnya akan memuaskan karena tanaman butuh tempat tumbuh sesuai habitatnya. Seperti kita kenal adanya nama jeruk jember dan jeruk malang bisa jadi kedua tanaman ini bisa tumbuh di daerah berbeda, akan tetapi juga tidak bisa tumbuh ditempat lain karena perbedaan iklim dan kondisi tanah.

Pengembangan Budidaya Jeruk Di Indonesia

Bagaimana dengan budidaya jeruk di indonesia, saat ini banyak petani padi yang beralih kebudidaya jeruk dikarenakan mudah perawatan dan nilai jualnya lebih tinggi, akan tetapi sebagian orang enggan menanam jeruk karena khawatir akan terkena jamur yang memusnahkan tanaman jeruk. Kesulitan dalam budidaya jeruk bisa diatasi dengan berbagai cara terutama dalam tehnik perbanyakan karena pohon jeruk bisa dikembangkan menggunakan beberapa bagian seperti, biji melalui persemaian, kelebihan, keunggulan,dan kekurangan budidaya jeruk dengan tehnik semai tentu ada, di antaranya adalah bisa dikembangkan dalam jumlah besar akan tetapi kelemahanya akan lama waktunya panen. Sedangkan dengan tehnik okulasi, stek, cangkok dan kultur jaringan memiliki kelebihan cepat berbuah, akan tetapi kekurangannya tidak memiliki akar tunggal yang menyebabkan tanaman jeruk mudah roboh sehingga butuh biaya tambahan untuk membuat pagar yang memperkuat batang tetap berdiri.

Cara Budidaya Jeruk Agar Cepat Berbuah

Saat ini banyak tehnologi baru untuk merekayasa agar tanaman jeruk mudah berbuah lebat menggunakan hormon perangsang tumbuh dengan sasaran merangsang pertumbuhan buah untuk menghasilkan buah diluar musim, salah satu pemicu tanaman berbuah adalah pupuk dan hormon yang mengandung unsur K, kandungan bahan yang hormon banyak kita temukan disekitar kita baik sebagai perangsang tumbuh akar, daun, batang, tunas, bunga dan mencegah buah tidak rontok ketika awal berbunga. Salah satunya adalah dengan tehnik sederhana stek batang yang dipacu dengan hormon buah, dengan cara ini akan didapatkan tanaman jeruk baru secara masal dan mampu berbuah lebih cepat karena diambil dari indukan yang sudah produktif. Kelebihan perbanyakan tanaman jeruk dengan stek dibanding dengan metode cangkok yaitu cepat tumbuh dan menghasilkan tanaman baru dalam waktu kurang dari 1 bulan. Sedangkan dengan tehnik cangkok butuh waktu minimal 2 bulan dengan cara pencangkokan yang benar. Sehingga cara perbanyakan tanaman jeruk adalah dengan tehnik stek rendam sebagaimana yang kami uji coba dan berhasil, tehnik inipun kami uji coba untuk tanaman yang lain, silahkan baca artikel tehnik perbanyak tanaman dengan perendaman di blog ini.