Rabu, 22 Juni 2016

Mengapa Anda Gagal Ketika Menyemai Biji?


cara menyemai biji
kebunia :: Mengapa Anda Gagal Ketika Menyemai Biji?
Perkembang biakan tanaman melalu biji adalah salah satu cara tanaman beregenerasi untuk menyambung kehidupan baru, secara alami tanaman akan berkembang biak melalui tahapan-tahapan tertentu sesuai cara tanaman berkembang biak, apakah melalui biji, akar, spora, membelah diri, dan lain-lain. Setelah manusia mengenal tehnik budidaya banyak ditemukan berbagai cara mengembang biakkan tanaman sesuai jenis tanaman atau istilahnya rekayasa genetik untuk mendapatkan tanaman baru. Yang paling populer adalah mengembang biakkan melalui biji.

Dalam proses pengembang biakan menggunakan biji setiap tanaman memiliki karakteristik berbeda-beda mengacu jenis biji dan teksturnya, ada jenis biji yang mudah tumbuh dan ada juga yang sulit tumbuh atau lama tumbuhnya, dengan kecerdasan manusia proses pertumbuhan tanaman melalui biji bisa diupayakan dengan lebih cepat dari cara alami, berikut ini cara mengetahui karakteristik biji tanaman dan cara mengembang biakan.

Jenis-jenis biji tanaman dan fungsinya

Biji tanaman memiliki ragam ukuran, bentuk, dan lapisan, perbedaan inilah yang menjadi ukuran cepat lambatnya perkecambahan biji tanaman. Biji dengan cangkang yang lunak akan mudah tumbuh secara alami dengan cepat serta berasal dari jenis tanaman yang banyak tumbuh disekitar kita. Berbeda dengan biji yang memiliki cangkang yang keras, biasanya tidak bisa tumbuh disembarang tempat atau jarang ditemukan, alasannya proses perkecambahan cukup lama karena cangkang biji yang keras, bisa Anda bayangkan jika tanaman kelapa mendominasi dikebun kita dibanding rumput, dan Anda sendiri sudah melihat mengapa rumput banyak tumbuh disekitar kita, jawabanyan adalah karena biji rumput mudah tumbuh karena bijinya memiliki lapisan yang lunak. Ditinjau dari fungsinya mengapa biji tanaman ada yang lunak, keras, runcing, bergerigi, halus, dan lain-lain adalah sebagai pelindung dari predator yang bisa menghabiskan biji sehingga mengganggu perkembangan tanaman.
Jika Anda seorang hobiis tanaman perlu anda pelajari karakteristik biji supaya ketika anda menyemai biji tidak gagal, misalnya untuk biji yang keras tehnik paling cepat agar bisa segera berkecambah adalah dengan cara memecah cangkang atau merendam dengan air hangat dan melunakkan cangkang supaya biji segera berkecambah, sedangkan untuk biji yang lunak cara cepat mengecambahkan biji dengan cara merendam atau membuat media persemaian dalam kondisi lembab bukan basah.

Penyebab kegagalan ketika menyemai biji

Anda mungkin pernah mengalami gagal ketika menyemai biji-bijian, tahukah Anda apa penyebab biji tidak berkecambah tumbuh sempurna? Penyebab kegagalan ketika menyemai biji aterjadi karena beberapa hal, bisa jadi karena umur biji yang sudah kadaluarsa, biji mengalami kerusakan dalam proses penyimpanan, biji belum mencapai umur sempurna untuk dijadikan bibit baru, kesalahan memilih media tumbuh, dan yang terakhir kurangnya pengetahuan pelaku tentang tehnik menyemai biji agar tidak gagal.
Yang harus Anda perhatikan ketika hendak menyemai biji adalah, jika biji didapatkan dari pabrik dalam kemasan perhatikan tanggal kadaluarsanya, akan tetapi jika Anda dapatkan sendiri dari tanaman induk perhatikan standar kelayakan buah sebagai bibit dan didapatkan dari induk yang sehat, jika semua syarat tumbuh tanaman baru terpernuhi insyaa Allah keberhasilan menyemai biji akan berhasil. Setelah itu masuk dalam tahap berikutnya ketika biji sudah tumbuh yang itu perawatan kecambah.
Uji coba: Beberapa waktu yang lalu saya mencoba bibit bawang merah tuk-tuk cap panah merah yang sudah kadaluarsa 1 tahun dengan harapan tumbuh sedikit tapi dengan disemai menggunakan tissu masih bisa tumbuh semua, tapi perkecambahan di mulai pada hari ke 3.
cara sukses menyemai biji bawang merah

Bagaimana agar kecambah tumbuh cepat?

Inilah harapan kita agar kecambah yang baru saja ditumbuhkan berkembang dengan cepat dan seragam karena kesalahan dalam pengelolaan akan menghasilkan biji yang pertumbuhan kecambahnya sangat lambat. Cara merawat biji yang baru berkecambah butuh pengetahuan sederhana tapi kadang diabaikan yang mana tanaman adalah makhluk hidup sebagaimana yang lain sehingga ada sedikit kesamaan dalam proses perawatan ketika bayi tanaman baru lahir.
Pada masa pertumbuhan awal dari biji merekah menjadi kecambah hingga 1-2 minggu tanaman belum membutuhkan nutrisi dalam jumlah besar karena masih dalam tahap penyesuaian terhadap lingkungan baru, jika Anda ingin memberikan nutrisi untuk mempercepat perkecambahan tidak masalah hanya saja takaran nutrisi dalam masa perkecambahan perlu diperhatikan agar tidak over dosis karena tidak sabar ingin melihat tanaman segera tumbuh dewasa, alih-alih kecambah berkembang dengan cepat tapi malah sebaliknya, sebagaimana bayi manusia ketika awal pertumbuhan masih membutuhkan asupan makanan dalam jumlah sedikit, seiring usia dan pertumbuhan badan barulah secara bertahap mendapatkan asupan makanan dalam jumlah sesuai kebutuhan. 
Masalahnya bagi Anda yang tidak sabar untuk segera memiliki tanaman dewasa apakah ada pupuk untuk merangsang perkecambahan? Jawabannya tentunya ada, hanya saja dengan berbagai varian produk yang ditawarkan kami tidak bisa merekomendasikan salah satu produk tertentu, nah! Seperti inilah cara sukses menyemai biji.