Kamis, 11 Oktober 2018

11 Kesalahan Dalam Budidaya Maggot Bsf Bagi Pemula

Kebunia:: Berbagi pengalaman dalam kesuksesan budidaya maggot BSF sebagai instropeksi diri dari kesalahan supaya tidak dialami oleh orang lain yang ingin sukses budidaya maggot. Dalam artikel ini kami sampaikan pengalaman pribadi ketika mendapati masalah dalam budidaya maggot bahkan jika terlambat ditangani banyak maggot mati atau pergi dari ruang pemeliharaan. Bagaimana kejadiannya? Silahkan baca artikel ini secara tuntas sampai selesai.

Kami memiliki kegiatan budidaya maggot yang tanpa kami sengaja, karena secara kebetulan saja maggot tersebut tumbuh dalam jumlah banyak di tempat menyimpan kotoran kelinci, entah dari mana datangnya maggot tersebut bagi kami merupakan berkah dan rejeki yang tidak disangka-sangka datangnya karena sebelumnya tidak ada tanda-tanda lalat BSF berkeliaran di sekitar kandang kelinci, atau mungkin karena kurang perhatian keberadaan lalat BSF berada di sekitar kandang. Melihat potensi ini memicu kami untuk lebih serius membudidayakan maggot dalam skala yang lebih besar, namun apa daya karena kurangnya pengetahuan tentang budidaya maggot sehingga hampir gagal karena banyak maggot yang mati. Apa saja penyebabnya, di sini kami urai penyebab kami hampir gagal dalam budidaya maggot.
  • Kurangnya pengetahuan lengkap, mendasar, dan prinsip-prinsip dalam budidaya maggot BSF.
  • Ini adalah edisi perdana atau pertama kalinya kami memelihara maggot yang tanpa sengaja tanpa dasar pengetahuan dan niatan untuk budidaya maggot BSF.
  • Komposisi yang tidak seimbang antara pakan dan jumlah maggot yang ada. Dalam hal ini jumlah maggot BSF yang sedikit dengan pakan yang banyak lebih dari 80%.
  • Komposisi bahan pakan yang tidak seimbang membuat tempat pemeliharaan menjadi cukup panas sehingga maggot BSF banyak yang mati semua ukuran.
  • Ketebalan tumpukan pakan membuat maggot sulit bergerak dan ruangan menjadi panas.
  • Tempat pemeliharaan yang terlalu padat menyulitkan maggot BSF sulit bergerak leluasa tanpa sirkulasi udara yang lancar.

Dalam kasus ini sudah bisa diatasi dengan memindah ke ruang yang lebih luas dan Alhamdulillah maggot BSF yang hampir mati tak bergerak dalam beberapa menit mulai terlihat ada tanda-tanda kehidupan, bergerak-gerak kemudian sehat dan masuk ke dalam media pemeliharaan untuk melanjutkan kehidupannya. Tak cukup di sini, setelah dipindah pun ada lagi kesalahan yang tanpa kami sadari terjadi dengan banyaknya lalat rumah, hijau, dan biru datang bertelur kemudian terlihat banyak larva lalat selain BSF ada dimedia pemeliharaan karena ada beberapa sebab.
  • Komposisi pakan masih menjadi pemicu utama, walaupun tumpukan media dikurangi tetap berakibat panas berlebih bahkan panasnya merembet ke wadah pemeliharaan bagian luar.
  • Penggunaan bekatul dicampur ampas kelapa salah satu pemicu utama media pemeliharaan menjadi panas.
  • Penggunaan pellet memicu bau daging yang mengundang lalat selain BSF datang dan berkembang biak cukup cepat, dan pendapatan telur dari pancingan BSF liar menurun dari 15 lubang pada hari pertama, 12 lubang pada hari ke-dua, 2 lubang pada hari ke-tiga, dan 5 lubang pada hari ke-empat. Ketika artikel ini ditulis sedang dalam masa pemancingan telur dari BSF liar pada hari ke-empat dan tempat bertelur menggunakan potongan kardus setebal kurang lebih 1 cm diletakkan di atas media pembesaran larva BSF.
  • Wadah pemeliharaan yang kurang rapat sehingga memudahkan lalat selain BSF hinggap dan berkembang biak di media pemeliharaan larva BSF.
  • Wadah yang cukup terbuka membuat larva yang sudah masuk tahap pree puppa keluar dan kabur entah ke mana.

Itulah beberapa kesalahan ketika kami mencoba belajar budidaya maggot BSF, adapun kesalahan ini bukanlah sesuatu yang tercela dikarenakan dalam tahap belajar pasti ada kegagalan, dan sebaik-baik guru adalah kesalahan dan kegagalan kemudian diperbaiki agar tidak terulang kembali serta memberi peringatan kepada Anda supaya tidak mengalami hal serupa dalam mencoba belajar budidaya maggot BSF gratis dari kami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Komentar Anda akan kami moderasi sebelum ditampilkan, jika tidak sesuai topik atau sekedar promosi secara langsung atau tidak langsung tidak akan kami tampilkan, karena materi ini disajikan untuk kepentingan bersama.