Sabtu, 08 Oktober 2016

Cara Memperbanyak Tanaman Stroberi Dengan Stek Sulur Agar Cepat Berbuah

kebunia:: Pertanyaan yang sering disampaikan para pembudidaya tanama stroberi tentang cara memperbanyak tanaman stroberi agar cepat berbuah dan bagaimana cara memperbanyak tanaman stroberi dengan cepat, kali ini kebunia membahas cara mengembangkan tanaman stroberi menggunakan sulur yang banyak muncul pada tanaman stroberi sehingga dengan cara ini Anda akan banyak memiliki tanaman stroberi tanpa semai biji yang memakan waktu cukup lama hingga tanaman dewasa dan berbuah lebat.

Permasalahan lain yang dihadapi para pembudidaya tanaman stroberi terutama di daerah dataran rendah karena tanaman stroberi yang banyak dan berdaun lebat akan tetapi malas  berbuah, kira-kira kurang apa sehingga tanaman stroberi tidak mau berbuah, sedangkan di daerah dingin tanaman stroberi rajin berbuah, apakah perbedaan iklim menjadi penentu keberhasilan budidaya stroberi?
Dari pengalaman para pemilik tanaman stroberi, kondisi iklim bukan penentu tanaman stroberi berbuah lebat, akan tetapi pada dasarnya tanaman stroberi yang dibudidayakan di dataran tinggi tanpa perlakuan khusus bisa berbuah lebat, bahkan penggunaan pupuk seadanya bisa menghasilkan buah berukuran besar dan banyak. Sementara di daerah panas jarang didapati tanaman stroberi bisa berbuah, bahkan berbunga saja sulit.
Dari beberapa referensi agar tanaman stroberi di daerah dataran rendah bisa berbuah lebat perlu adanya perlakuan khusus agar kebutuhan tanaman untuk berbunga dan berbuah tercukupi seperti pemberian pupuk dan perawatan tanaman. Jika syarat ini sudah terpenuhi akan tetapi belum bisa berbuah lakukan beberapa tips berikut ini agar tanaman stroberi dataran rendah bisa berbuah besar dan lebat.

Cara merangsang tanaman stroberi agar cepat berbuah.

  1. Pemberian pupuk secara berkala dengan dosis seimbang untuk merangsang pertumbuhan bunga dan buah, salah satunya adalah kalsium.
  2. Pemberian pupuk bunga dan buah untuk merangsang pembungaan dan mencegah buah rontok atau kerdil.
  3. Penyiangan dengan membuang daun tua dan sulur/bakal anakan.
  4. Kecukupan sinar matahari untuk berfotosintesis.
  5. Mengurangi pemberian pupuk daun dan akar ketika tanaman sudah menjelang dewasa.

Mengapa sulur harus dibuang, bukankah ini calon anakan yang akan membantu perbanyakan tanaman?
Sulur memang salah satu bagian tanaman untuk menyambung tanaman tua ketika nantinya sudah tidak produktif, sebagaimana tanaman keras, sulur termasuk cabang tanaman yang ketika jumlahnya banyak akan mengalahkan tanaman induk untuk berbunga karena suplay makanan harus dibagi dengan bakal anakan sehingga perlunya sulur harus dibuang.
Jika dibuang sayang, sebaiknya dimanfaatkan sebagai tanaman baru untuk memperbanyak tanaman stroberi dengan cara stek, akan tetapi keberhasilan stek tanaman stroberi tidaklah cukup dengan cara pangkas dan pindah media karena beresiko mati.

Bagaimana cara memperbanyak tanaman stroberi dengan cara stek?

Berikut ini foto dan panduan cara budidaya tanaman stroberi dengan memanfaatkan sulur sebagai anakan baru yang siap dibudidayakan secara stek batang.
Siapkan media apapun yang mudah Anda temukan di sekitar tempat tinggal.
Media bisa berupa campuran tanah, kompos, atau arang sekam maupun sekam kering.

Pilih sulur yang sempurna dan tidak cacat dan sudah terlihat calon akar.

Tempelkan dipermukaan media, jika sulur tersebut tersambung dengan sulur berikutnya bisa dijapit menggunakan belahan bambu agar sulur tidak bergeser.



Biarkan sulur tumbuh dan mandiri dalam media pembibitan hingga siap dipindah.

Potong sulur yang sudah mandiri dan rawat hingga siap dipindah ke media pembesaran.
Mudah bukan? Inilah cara memperbanyak tanaman stroberi dengan stek sulur agar cepat berbuah, jika ada pertanyaan atau Anda ingin berbagi informasi silahkan gunakan menu komentar.