Sabtu, 23 Juli 2016

Budidaya Bengkoang/Besusu Tanpa Biji Secara Stek Batang (bagian 1)

kebunia :: Bengkoang adalah umbi yang dihasilkan dari budidaya tanaman sejenis kacang-kacangan yang memiliki biji sebagai bibit untuk pengembangan bengkoang, namum bagi Anda yang kesulitan untuk mendapatkan biji bengkoang ada inovasi cara budidaya bengkoang tanpa biji, tapi cukup menggunakan stek batang, inilah salah satu experimen yang kami uji coba. 

Namun sebelumnya ada beberapa pertanyaan terkait umbi bengkoang ini, untuk menjawabnya kami kumpulkan beberapa pertanyaan tentang bengkoang yaitu: apa itu bengkoang, apakah bengkoang termasuk buah, apa kegunaan bengkoang, apa kegunaan bengkoang untuk wajah, apa manfaat bengkoang, apa manfaat bengkoang bagi wajah, apa saja khasiat bengkoang, apa saja manfaat bengkoang, apa saja manfaat buah bengkoang, apa saja manfaat dari bengkoang, apa saja manfaat ekstrak bengkoang untuk kulit, apakah bengkoang aman untuk ibu hamil, apakah bengkoang bagus untuk ibu hamil, apakah bengkoang baik untuk diet, apakah bengkoang bisa memutihkan wajah, apa manfaat bengkoang untuk wajah, apa bengkoang bisa memutihkan kulit, apa bengkoang bisa menghilangkan bekas jerawat, apa bengkoang bisa menghilangkan jerawat, apa fungsi bengkoang, apakah bengkoang bisa menghilangkan jerawat, apakah bengkoang bisa menghilangkan komedo, apakah bengkoang bisa menghilangkan bekas luka, apakah bengkoang bisa menyembuhkan maag, apakah bengkoang baik untuk penderita diabetes, bagaimana cara memanfaatkan bengkoang, bagaimana cara menanam bengkoang, bagaimana cara menggunakan bengkoang untuk wajah, bagaimana cara mengolah bengkoang untuk memutihkan kulit, bagaimana membuat masker bengkoang. Untuk menjawab semua pertanyaan ini kami rangkum dalam satu pembahasan tentang manfaat, dan khasiat untuk kesehatan kulit dan fisik serta kegunaan bengkoang sebagai pengobatan.

Bengkoang Termasuk Jenis Buah apa Sayuran

Sebagaimana dijelaskan sebelumnya, bahwa bengkoang bukan jenis buah atau sayuran, akan tetapi jenis umbi yang muncul dalam tanah atau jenis akar yang menggembung dan memiliki kandungan air, serat, dan tepung sehingga bengkoang banyak digunakan dalam industri farmasi sebagai bahan baku obat dan kosmetik dalam bentuk serbuk scrub, cream, lotion, sabun, lulur, mangir, pemutih kulit, penghilang noda, meregenerasi kulit yang mati dan lain-lain setelah diolah dengan resep bengkoang yang telah diuji sebelumnya sehingga menghasilkan produk kosmetik berbahan baku bengkoang. 

Bengkoang Sebagai Bahan Baku Kosmetik

Sehingga saat ini banyak kita temukan berbagai produk kosmetik yang menggunakan bahan baku extract bengkoang seperti, bengkoang roots mask, bengkoang roots mask mustika ratu, bengkoang sari ayu, bengkoang series mustika ratu, bengkoang whitening krim malam, bengkoang whitening mustika ratu , bengkoang whitening pembersih two in one, bengkoang whitening pembersih two in one mustika ratu, bengkoang whitening set mustika ratu, dan bengkoang whitening soap serta produk bengkoang orens atau bengkoang oriens entah mana yang benar penulisannya vco zaitun bengkoang, viva bengkoang, vienna bengkoang, vaseline bengkoang, sabun yuka bengkoang, sabun bengkoang yashodara, lulur bengkoang purbasari, lulur bengkoang mustika ratu, dan lain-lain. 

Bengkoang Sebagai Bahan Baku Obat dan Pengobatan

Sedangkan dalam penggunaan sebagai obat dan pengobatan menggunakan bengkoang ada beberapa referensi yang menyebutkan khasiat bengkoang untuk penyakit karena bengkoang bagus untuk diet dan bagi kesehatan di antaranya, bengkoang untuk obat ambeien, asam lambung, asam urat, atasi maag, ginjal namun perlu kehati-hatian dalam penggunaan bengkoang jika Anda belum mengenal betul khasiat bengkoang dan butuh saran ahli dalam pengunaan bengkoang sebagai terapi agar tepat takaran pengunaannya, karena bisa jadi pengunaan bengkoang sebagai terapi berefek buruk terhadap kesehatan Anda. Dari petunjuk penggunaan bengkoang sebagai terapi perlu anda pahami apakah benar bengkoang obat asam lambung, bengkoang obat darah tinggi, bengkoang obat diabetes, bengkoang obat jerawat, bengkoang obat infeksi lambung, bengkoang obat sakit maag, bengkoang baik untuk obat tipes, bengkoang mujarab sebagai obat wasir, bengkoang buat asam lambung, penurun darah, dan lain-lain. Dalam hal ini bertanya kepada seorang yang ahli dalam pengobatan herbal sangat dibutuhkan sebelum Anda menggunakan bengkoang sebagai alternatif pengobatan.

Bengkoang Sebagai Bahan Makanan

Dalam pemanfaatan sebagai bahan makanan, bengkoang sudah dikenal sejak ratusan tahun dan dikonsumsi karena kandungan nutrisi dalam bengkoang. Disebutkan juga bengkoang mengandung kelori, kalsium, vitamin, dan mineral akan tetapi butuh kajian mendalam untuk mengetahui secara pasti. Beberapa resep bengkoang dalam makanan tak hanya sebagai rujak akan tetapi beberapa inovasi resep bengkoang terbaru dapat Anda temukan, di sini saya berikan inspirasi beberapa resep bengkoang yang bisa Anda coba. Caranyapun mudah resep makanan bengkoang adalah mencampurkan beberapa bahan agar tercipta citarasa dan khasiat bengkoang yang lebih dari sekedar bangkoang saja yaitu, asinan bengkoang, rujak bengkoang, bengkoang goreng, bengkoang lumpia basah.

Resep Bengkoang Untuk Perawatan Kulit

Ada juga beberapa orang yang mencoba membuat resep bengkoang dengan mencampurkan beberapa bahan untuk meningkatkan khasiat  tapi bukan untuk dimakan akan tetapi sebagai perawatan kulit dengan membuat sendiri seperti, bengkoang campur susu, bengkoang dicampur jeruk nipis, bengkoang dicampur minyak zaitun, bengkoang dicampur madu. Rata-rata penggunaan bengkoang sebagai kosmetik alami adalah untuk wajah karena bengkoang dipercaya sebagai bahan alami untuk menghilangkan bekas jerawat dan bisa memutihkan kulit dengan cara digunakan untuk masker wajah karena efek bengkoang untuk wajah bersifat dingin. Salah satu alasan mengapa bengkoang dapat dijadikan masker wajah dan dapat memutihkan kulit adalah berdasarkan pengalaman yang sudah terbukti baik untuk kulit.

Manfaat Bengkoang Untuk Ibu Hamil dan Menyusui

Selain itu ada juga yang menyebutkan bengkoang baik untuk ibu hamil, pelancar asi, untuk ibu menyusui, untuk bayi 6 bulan dan berbagai fungsi bengkoang untuk ibu hamil yang belum saya ketahui kebenarannya karena sekedar kabar. 
Adapun pembahasan di atas bukan sebagai saran dan arahan untuk menggunakan bengkoang, kecuali sudah mendapatkan keyakinan tentang khasiat bengkoang yang kami sebutkan di atas karena pembahasan materi ini adalah cara budidaya bengkoang tanpa biji dengan menggunakan stek batang yang merupakan solusi bagi Anda yang ingin membudidayakan bengkoang akan tetapi tidak memiliki bibit atau kesulitan di mana tempat jual biji dan bibit bengkoang, dengan tehnik ini diharapkan bengkoang dapat dipanen lebih cepat. 

Inovasi Budidaya Bengkoang Tanpa Biji Serta Peluang Bisnis Pengembangan Bengkoang

Materi di atas kami sampaikan sebagai referensi untuk melihat potensi atau peluang usaha dalam budidaya bengkoang sekala kecil atau besar dengan prospek pasar bengkoang yang menjangkau semua kalangan masyarakat baik dipedesaan maupun perkotaan bahkan berbagai industri pangan dan farmasi membutuhkan suplay bengkoang dalam jumlah besar setiap bulannya, akan tetapi terbatasi karena mengandalkan panen pada musim-musim tertentu. Dengan cara ini diharapkan panen bengkoang diluar musim dan bisa dilakukan disemua tempat.
Materi selanjutnya tentang budidaya bengkoang diluar musim secara hidroponik untuk mendapatkan bibit bengkoang dan menghasilkan bengkoang yang manis dengan cara menanam bengkuang yang baik dan benar serta petunjuk perawatan budidaya bengkoang maupun penanganan hama dan penyakit bengkoang akan kami sampaikan dalam artikel selanjutnya.