Minggu, 19 Juni 2016

Bagaimana menumbuhkan suplir dan pakis di kebun kita?

kebunia :: Bagaimana menumbuhkan suplir dan pakis di kebun kita?
Suplir dan pakis jenis tanaman yang memiliki kesamaan, akan tetapi pada hakikatnya ada beberapa perbedaan mencolok dari kedua jenis tanaman ini walaupun keduanya tumbuh melalui penyebaran spora, beragam ukuran pakis dan suplir akan menambah indah suasana kebun Anda yang bisa datang secara alami atau Anda tumbuhkan dengan rekayasa untuk memperindah kebun Anda. Lengkapi koleksi tanaman hias dan sayur di kebun dengan kehadiran tanaman suplir dan pakis, bagaimana caranya silahkan ikuti petunjuk di bawah ini.

Siapkan media tumbuh yang cocok untuk jenis tanaman ini, Anda bisa memilih jenis pakis atau suplir. Kedua jenis tanaman ini memiliki karakteristik yang berbeda sehingga butuh perlakuan yang berbeda pula, ada jenis suplir dan pakis yang butuh full sun/sinar matahari penuh dan ada yang tidak butuh atau terkena paparan sinar matahari langsung. Untuk mengetahui jenis pakis atau suplir butuh sinar matahari penuh atau tidak, silahkan Anda amati beberapa jenis suplir dan pakis yang tumbuh di sekitar lingkungan Anda. Kebanyakan tanaman ini tumbuh di tempat lembab, dan ada juga yang tumbuh diperairan. Ada juga jenis pakis gunung yang bisa tumbuh hampir di semua tempat dan iklim.

Cara mendapatkan bibit suplir dan pakis

Bibit suplir dan pakis bisa Anda dapatkan di toko-toko nurseri/tanaman hias, di sana ada tersedia beberapa jenis yang terseleksi dan sudah terkondisi dengan lingkungan aslinya, selain itu Anda juga mendapatkan petunjuk jelas tehnik perawatan suplir dan pakis, di sini kami berikan beberapa tips mendapatkan bibit suplir dan pakis gratis.
Tamanan suplir dan pakis dikembang biakkan melalui spora, untuk mendapatkan anakan pakis dan suplir adalah dengan mengambil daun tua, kemudian jemur hingga kering, selanjutnya taburkan bubuk daun pakis atau suplir di media tanah halus yang diayak tanpa pupuk. Jaga kondisi tanah tetap lembab dan hindarkan dari sinar matahari sebelum tanaman ini besar.

Cara perawatan pakis dan suplir

Kedua jenis tanaman ini tidak rewel karena tumbuh secara alami tanpa perlakuan khusus, hanya saja agar penampilan sempurna dibutuhkan nutrisi untuk menunjang kelangsungan hidup tanaman ini dengan pemberian pupuk daun, perhatikan warna daunnya apakah sesuai warna asli dihabitatnya atau tidak, karena kesalahan pemakaian dosis pupuk akan merubah warna daun pakis dan suplir tidak alami, terlalu hijau atau malah kekuningan.
Jaga kondisi media tetap lembam dengan penyemprotan secara berkala ketika tanaman menunjukkan kekurangan air, dan jangan terlalu sering agar waktu Anda tidak tersita untuk mengurusi tanaman ini.

Agar tanaman suplir dan pakis tampak indah

Sedikit biaya Anda keluarkan untuk memperindah penampilan pakis dan suplir dengan menyediakan wadah khusus agak tanaman ini tampil menarik, Anda bisa menempatkan di cawan atau pot tipis agar terlihat eksotis.
Siapkan pula sebelumnya media tumbuh yang tidak monoton datar, akan tetapi bertekstur seperti adonan pasir dan semen yang dibentuk sesuai selera, kemudian olesi media dengan campuran pasir halus yang sudah diayak dengan serbuk daun pakis atau suplir kering yang sudah tua, rawat hingga tumbuh tanaman pakis atau suplir.
Letakkan di tengah meja atau dekat jendela yang tidak terkena paparan sinar matahari langsung agar sesuai dengan kondisi asalnya.