Jumat, 10 Februari 2017

Tehnik Pembibitan Jahe Merah Yang Benar Agar Hasilnya Optimal Besar Sehat dan Cepat


kebunia :: Tehnik Pembibitan Jahe Merah Yang Benar Agar Hasilnya Optimal Besar Sehat dan Cepat.
Beberapa pembeli bibit rimpang jahe merah ada yang belum paham bagaimana cara mengolah jahe merah menjadi bibit yang baik dan berkualitas. Kali ini kebunia membahas cara menyemai jahe merah yang baik dan benar karena tidak semua rimpang jahe bisa menghasilkan bibit siap tanam sesuai harapan, berbagai kendala pasti dihadapi karena beberapa faktor terutama dari bibit yang digunakan. Perbedaan hasil panen, lokasi dan cara perawatan tanaman berpengaruh pada hasil yang dicapai, terutama jika digunakan sebagai bibit butuh kriteria khusus dari ukuran, bentuk, dan umur rimpang jahe merah. Untuk melengkapi pembahasan sebelumnya, kali ini kebunia memberikan tutorial gratis budidaya jahe merah mulai dari persemaian.
Berikut ini kami berikan panduan lengkap dengan fotonya agar Anda mudah memahami penjelasan tanpa banyak menyita waktu untuk membaca.

Pilih rimpang jahe yang sehat dan tidak cacat, akan lebih baik lagi jika direndam semalam terlebih dahulu menggunakan fungisida untuk mencegah busuk dan jamur.

Potong menjadi beberapa bagian untuk menyeleksi bagian yang bisa disemai dan bagian yang tidak layak semai, pilih bagian yang memiliki mata tunas. Sebaiknya sebelum dipotong dibiarkan terlebih dahulu dengan dicampur media yang lembab untuk merangsang pertumbuhan calon tunas dan menyeleksi mana rimpang yang akan menghasilkan anakan. Rimpang yang sekiranya berpotensi tidak menghasilkan anakan bisa langsung digunakan sebagai bahan makanan. Akan tetapi jika merasa terlalu ribet bisa dipotong semua bagian kemudian disemai.
Siapkan media tanam dan wadah persemaian, untuk masa pertumbuhan awal. Rimpang jahe tidak diberi pupuk karena dikhawatirkan menyebabkan rimpang menjadi busuk, pemberian pupuk ketika anakan sudah dipindah ke lahan pembesaran.
Pilih anakan jahe merah yang memiliki daun lebih dari 5 lembar dengan perakaran yang sempurna, akan tetapi jika buru-buru kondisi seperti gambar di bawah ini juga bisa.
Bersambung...(setelah dokumentasi lengkap)