Jumat, 06 Januari 2017

Panduan Lengkap Budidaya Rumput Odot Dan Cara Perawatan Hingga Panen Untuk Pemula

pertumbuhan tunas rumput odot umur 2 minggu
kebunia :: Panduan lengkap budidaya rumput odot dan cara perawatan hingga panen untuk pemula kami ulas kembali karena ada beberapa pembeli yang kurang paham atau salah penerapan sehingga keberhasilannya tidak sesuai harapan, sekaligus up date dari materi panduan budidaya dalam bonus pembelian. Hal ini dimaksudkan karena adanya hasil percobaan terbaru yang kami lakukan dalam budidaya rumput odot yang tidak tertulis dalam lembar panduan budidaya rumput odot versi cetak.

Dalam panduan lengkap budidaya rumput odot ini kami sertakan dokumentasi lebih lengkap dan jelas karena disertai foto. Walaupun sifatnya up date tetap kami sertakan materi lengkap dari awal hingga akhir agar penjelasannya mengalir lebih mudah dipahami jika ada kesalahan yang dilakukan ketika membudidayakan rumput odot. Untuk itu beberapa materi kami akan ulang dalam versi kami sesuai hasil percobaan.
Pertama: syarat tumbuh rumput odot.
Kedua: cara penanganan ketika barang datang hingga siap ditanam.
Ketiga: cara budidaya dan perawatan serta cara cepat mengembangbiakan rumput odot.
Keempat: pra dan pasca panen.

Syarat Tumbuh Rumput Odot.

Sebagaimana jenis rumput tanaman yang lain, rumput odot lebih cocok ditanam pada lahan basah atau tercukupi kebutuhan airnya, serta sinar matahari penuh baik di pekarangan, kebun atau pesawahan. Struktur tanah tidak begitu ideal untuk pertumbuhan tanaman, hanya saja jenis tanah yang baik untuk pertumbuhan rumput odot adalah yang banyak mengandung hara dan tidak terlalu kering dikarenakan suplay air kurang.
Waktu yang baik untuk memulai budidaya rumput odot adalah pada musim hujan di mana curah hujan cukup tinggi, untuk di daerah pegunungan berhawa dingin bisa ditanam setiap musim karena iklimnya mendukung untuk pertumbuhan tanaman. Rumput odot tidak cocok untuk daerah panas, walaupun demikian bukan berarti tidak bisa dibudidayakan di daerah beriklim panas, asalkan kebutuhan airnya tercukupi pertumbuhan rumput odot cukup baik, hanya saja untuk pertumbuhan awal butuh waktu dan tenaga extra karena mudah mati.
Bagi Anda yang memiliki lahan sempit banyak alternatif budidaya rumput odot, salah satunya dipekarangan asalkan jaga keamanan tanaman dari gangguan luar, bisa juga rumput odot dibudidayakan secara hidroponik.

Beberapa pembeli memberikan informasi kepada kami kalau mereka pernah membeli bibit rumput odot kepedagang yang lain akan tetapi banyak yang mati sampai 100%, permasalah tersebut sudah kami jawab secara langsung kepada pembeli penyebabnya mengapa gagal membudidayakan rumput odot. Salah satunya adalah kualitas bibit yang sudah tidak layak tanam. Sementara kami selalu memberikan bibit yang siap untuk ditanam dan hingga hari ini belum ada keluhan bibit tidak tumbuh dikarenakan kami selalu memberikan panduan cara penanganan bibit sebelum di tanam, jika ada yang gagal, mereka mengakui ada kesalahan dalam penanganan karena tidak sesuai petunjuk kami. Budidaya rumput odot memang gampang-gampang sudah, gampang atau mudah budidaya rumput odot jika sesuai arahan dan susah atau gagal membudidayakan rumput odot jika tidak tahu cara penganganan bibit, terlebih lagi jika dikirim dalam jangka waktu lebih dari 4 hari.

Cara Penanganan Ketika Barang Datang Hingga Siap Ditanam.

Sebagai evaluasi, kami sampaikan kembali supaya  memperhatikan kondisi bibit ketika Anda terima, jika daerah Anda beriklim panas atau jarang hujan cara penanganan awal bibit ketika diterima jangan langsung ditanam, tapi rendam dahulu selama 1-2 minggu hingga tumbuh akar dan tunas serta bibit sudah terlihat kokoh untuk ditanam.

Jika diperlukan, tambahkan dalam air rendaman pupuk cair dan fungisida serta perhatikan suplay air jangan sampai kekeringan agar pertumbuhan tunas dan akar sempurna.



Cara Budidaya Dan Perawatan Serta Cara Cepat Mengembangbiakan Rumput Odot.

Cara budidaya rumput odot tahap awal, tunggulah sampai bibit bertunas dan berakar. Sediakan tempat penangkaran sebelum ditanam pada lahan yang lebih luas.
Tanam bibit rumput odot dalam posisi miring agar akar segera menyentuh media tanam dan segera mandiri.
Alternatif lain, Anda bisa potong menjadi beberapa bagian minimalnya 2-3 ruas, semai dimedia yang cocok untuk pertumbuhan dan jaga kondisi media tidak terlalu basah ataupun terlalu kering.

Jarak tanam awal adalah 25X25cm, kemudian dijarangkan jika kondisi tanaman terlihat rimbun, tujuannya untuk mencegah pertumbuhan gulma atau rumput liar yang berebut tempat tumbuh dengan bibit rumput odot.

Pra Dan Pasca Panen.

Pada panen perdana umumnya  dimulai pada usia 3-4 bulan atau kadang 2 bulan sudah bisa dipanen tergantung kondisi tanaman yang dipengaruhi kesuburan tanah dan iklim, sehingga kadang di daerah dingin bisa dipanen lebih cepat serta lebar dan panjang daun lebih sempurna dibanding rumput odot yang ditanam di daerah beriklim panas dengan syarat struktur tanah, cara penanganan, dan pupuknya sama.
Pertumbuhan rumput odot di daerah beriklim panas pada awalnya membuat hati kadang putus asa karena melihat ukuran batang yang kecil, akan tetapi jangan khawatir, biasanya anakannya akan tumbuh lebih besar.
Cara pemanenan rumput odot adalah dengan pemangkasan pangkal batang menyisakan 2-3 ruas supaya tumbuh tunas baru pada sisa pangkasan, tapi jika Anda menginginkan tanaman yang rimbun tapi agak lama panennya bisa dengan cara membersihkan daun-daun tua yang mulai rebah ditarik hingga batang tidak tertutup pangkal daun, biasanya dalam waktu 1 minggu mulai muncul tunas baru.


Cara memilih batang yang siap dipanen mengacu pada kondisi batang yang kokoh berisi dan warna hijau tua, sedangkan untuk ukuran tergantung kesuburan tanaman. Jangan lupa setelah pemangkasan atau panen berikan pupuk untuk mensuplay kebutuhan nutrisi tunas yang baru, biasanya ukuran tunas baru setelah panen berukuran lebih besar dari induknya terutama yang tumbuh disekitar batang induk, sedangkan tunas yang muncul pada bekas pangkasan kadang besar atau kadang kecil, terlebih lagi jika kekurangan air ditandai ujung daun mengering atau muncul black spot yang merembet sampai pangkal sehingga menyebabkan kerdil atau mati.


Bagaimana hasil budidaya rumput odot milik Anda, sudah berhasil atau belum, jika berhasil berbagilah info kepada kami dan yang lain di menu komentar. Tapi bagi Anda yang belum jelas karena materi ada yang belum disampaikan dalam tulisan di atas silahkan tanyakan di menu komentar, kami akan segera balas jika tidak terlalu sibuk.