Jumat, 23 September 2016

Peluang Bisnis Budidaya Kemangi Tanpa Biji Secara Hidroponik

kebunia :: Peluang bisnis budidaya kemangi tanpa biji secara hidroponik dikarenakan sayuran kemangi banyak dibutuhkan sebagai bahan makanan, kosmetik, dan herbal terapi beberapa jenis penyakit. manfaat kemangi yang tak hanya daunnya saja sebagai bahan makanan, akan tetapi biji kemangi memiliki nilai jual cukup tinggi sebagai bahan baku pembuatan makanan. Biji kemangi yang memiliki cita rasa khas membuat beberapa industri makanan membutuhkan suplay berkala untuk mencukupi kebutuhan proses produksi makanan olahan berbahan biji kemangi.

Peluang bisnis budidaya kemangi


Daun kemangi adalah salah satu hasil budidaya tanaman kemangi yang populer dimasyarakat, sayuran ini banyak kita jumpai di pasar-pasar bahkan hampir setiap warung penyetan selalu ada daun kemangi sebagai lalapan sehingga membuka peluang bisnis yang cukup menjanjikan untuk membudidayakan tanaman kemangi. Sayuran kemangi ini setiap hari habis terjual di pasaran karena kebutuhan yang cukup banyak sehingga kami mendapati harga satu ikat kemangi cukup mahal, padahal budidaya kemangi relatif mudah dari sisi perkembang biakan hingga perawatan. Salah satunya adalah uji coba budidaya kemangi secara hidroponik yang kami lakukan menggunakan stek batang.

Kelebihan perbanyakan stek batang kemangi dengan semai biji

Kelebihan cara perbanyakan tanaman kemangi menggunakan stek batang dibanding biji adalah lebih cepat akan tetapi jumlahnya terbatas karena jika tanama sering dipangkas akan mempengaruhi pertumbuhan tanaman, sedangkan jika menggunakan biji bisa dihasilkan jumlah tanaman sangat banyak dengan setangkai buah kemangi, tapi kekurangannya jangka waktu masa panen daun kemangi lebih lama dibanding menggunakan stek batang.

Budidaya kemangi secara hidroponik

Cara cepat budidaya kemangi menggunakan stek batang adalah dengan sistem hidroponik karena lebih hemat tempat dan mudah perawatannya, tinggal pangkas batang kemangi kemudian rendam batang kemangi hingga tumbuh akar dan daun yang siap dipanen. Kekurangannya jika Anda tidak bisa merawat tanaman kemangi mudah mati dan daun mengerut. Pada musim hujan tanaman kemangi tidak bisa terkena air hujan, dari pengamatan kami tanaman hidroponik yang terkena air hujan mudah mati.
Permasalahan lain penyebab tanaman hidroponik mudah mati dan akar membusuk dikarenakan jenis pupuk tidak sesuai baik dari sisi takaran dan komposisi jenis pupuk hidroponik. Dari pengalaman kami pemberian pupuk ABMIX menyebabkan tanaman mati padahal dalam dosis rendah yang tidak kami ketahui sebabnya, akan tetapi dengan pupuk NPK tidak masalah, bahkan tanaman menunjukkan pertumbuhannya hingga sampai saat ini pupuk yang baik untuk hidroponik adalah jenis pupuk NPK di pasaran yang kami gunakan. Contoh foto budidaya tanaman kemangi hidroponik bisa Anda lihat di bawah ini.
Cara budidaya kemangi dengan cepat tanpa biji bisa Anda lakukan dengan membeli kemangi yang dijual dipasaran. Ambil daunnya untuk dikonsumsi atau biarkan daunnya kemudian rendam seluruh batang semalam, paginya cukup rendam bagian batang bawah hingga tumbuh akar dan tunas baru.
Kurang lebih 1-2 minggu pertumbuhan akar baru muncul dibagian bawah, untuk mempercepat pertumbuhan akan, potong batang kemangi dibawah ketiak daun, jika agak jauh akar akan sulit tumbuh.
Letakkan tanaman ditempat teduh dan tutupi airnya agar tidak terkena sinar matahari, karena akan menyebabkan tumbuh lumut, amati pertumbuhan tanaman dan buang jika tanaman ada yang membusuk agar tidak menular, sebaiknya tambahkan fungisida untuk mencegah pertumbuhan jamur yang menyebabkan tanaman kemangi hidroponik busuk.
Seperti inilah cara mempercepat pertumbuhan akar pada tanaman kemangi yang bisa diterapkan pada jenis tanaman yang lain tanpa menggunakan hormon penumbuh akar, cukup air bersih yang harus diganti setiap 2 hari sekali, akan tetapi jika setiap hari lebih baik.
Hasil pertumbuhan akar pada tanaman kemangi hidroponik umur sekitar 4 minggu dengan jumlah akar lebih banyak dan pertumbuhan tunas baru.
Dengan tehnik ini terjawab satu peluang bisnis budidaya kemangi tanpa biji secara hidroponik, selanjutnya lakukan perawatan dengan memberikan pupuk daun dan hindarkan penggunaan pupuk buah jika target budidaya tanaman kemangi hanya untuk diambil daunnya saja, akan tetapi jika ingin memanen biji pemberian pupuk buah perlu diterapkan.