Kamis, 01 September 2016

Cara Budidaya dan Memperbanyak Tanaman Pegagan Untuk Bahan Baku Herbal dan Kosmetik

kebunia :: Cara Budidaya dan Memperbanyak Tanaman Pegagan Untuk Bahan Baku Herbal dan Kosmetik
Pegagan, herbal berkhasiat yang banyak memiliki manfaat sebagai bahan obat, kosmetik dan bahan makanan mudah tumbuh dan dibudidayakan baik dimedia tanah, kompos, maupun hidroponik. Tanaman yang sudah dikenal ratusan tahun sekarang mulai dikembangkan untuk mensuplay berbagai industri farmasi sebagai bahan baku obat dan kosmetik.

Berbagai produk berbahan baku pegagang sudah beberapa tahun yang lalu digunakan masyarakat karena pegagan memiliki khasiat untuk membantu proses penyembuhan berbagai penyakit seperti tbc tuberkulosis, diabetes, meningkatkan kerja otak atau kecerdasan, kesuburan, perawatan kulit dan wajah. Dengan efek samping pengunaan pegagan yang masih simpang siur, pegagang tetap memiliki peran penting dalam berbagai kebutuhan untuk obat dan kosmetik dengan takaran penggunaan yang tepat.
Berbagai jenis pegagang dapat kita temukan dengan berbagai manfaat dan fungsinya, ada jenis pegagan merah, pegagan air, dan beberapa jenis pegagan yang secara fisik dan rasa memang seperti pegagan hanya saja bentuk dan ukuran berbeda-beda.
Bagi Anda yang ingin membudidayakan pegagang, kebunia berbagi pengalaman cara budidaya pegagan di lahan kering. Uji coba yang kebunia lakukan menggunakan media arang sekam dan kompos serta pupuk susulan yang disiramkan setiap 2 minggu sekali.

Cara budidaya pegagan

Cara budidaya dan pengembangan pegagan mudah dilakukan hanya bermodalkan bibit yang diambil dari asalnya, tanpa perlakuan khusus tanaman ini mudah berkembang biak, cukup dengan memindahkan tanaman ke media lain dan penyiraman rutin serta mengkondisikan lingkungan akan mendukung proses pertumbuhan pegagan.
Cara perkembang biakan bisa dengan sulur ataupun biji, hanya saja jika mengandalkan biji agak lama waktunya, uniknya tanaman pegagang bisa dibudidayakan secara hidroponik.
Bagi yang kesulitan mendapatkan bibit pegagan silahkan hubungi kami.

Cara perawatan tanaman pegagan

Tanaman pegagan tidak butuh perawatan khusus hanya sering diperhatikan pertumbuhan tanaman, jika wadah dan media tidak mencukupi segera lakukan pengurangan tanaman dengan cara dicabut dan dipindahkan ke media yang lain, atau dipanen seakar-akarnya karena pegagan memiliki khasiat dari akar hingga ujung daunnya.

Cara panen pegagan

Pegagan bisa dipanen daunnya saja atau dicabut seakar-akarnya, jika untuk dikonsumsi segera bersihkan daun dari kotoran dan siap diolah menjadi makanan berupa urapan, dan campuran pecel. Bisa juga dijadikan jus herbal pegagan dengan tambahan beberapa bahan lain karena pegagan memiliki rasa yang cukup pahit dan agak getir.
Jika digunakan untuk perawatan kulit, pegagan segar dihaluskan dengan cara diblender, kemudian gunakan sebagai masker atau lulur serta anti biotik dengan cara ditempelkan pada area penyakit seperti gatal-gatal, jerawat dan kulit tergores.
Artikel ini Anda temukan dengan bantuan penelusuran: 
khasiat pegagan, pegagan dan khasiatnya, klasifikasi pegagan, kandungan pegagan, khasiat pegagan centella asiatica, khasiat pegagan hs hpai, cara budidaya antanan, cara merawat tanaman pegagan, cara menanam antanan, media tanam pegagan, jual tanaman pegagan, ciri ciri tanaman pegagan, jual bibit pegagan, bunga pegagan, rumput pegagang, bentuk pohon pegagan, tumbuhan begagan, jenis tanaman pegagan, ciri ciri daun pegagan, efek samping daun pegagan, kandungan gizi tanaman pegagan, kandungan pada pegagan, komposisi pegagan, nama latin pegagan, tanaman pegagan, tumbuhan pegagan, rumput pegagan, pohon pegagan, batang pegagan, jual pegagan segar, buah pegagan, tumbuhan antanan, antanan gunung, klasifikasi mengkudu, klasifikasi pegagan plantamor, klasifikasi pegagan pdf, klasifikasi meniran, klasifikasi jarak, kapsul pegagan, deskripsi centella asiatica