Sabtu, 27 Agustus 2016

Penyakit Blackspot Bercak Hitam dan Kutu Thrips Pada Tanaman Rumput Odot

kebunia :: Penyakit Blackspot Bercak Hitam dan Kutu Thrips Pada Tanaman Rumput Odot
Penyakit bercak hitam yang kita temukan pada tanaman cabai atau yang disebut patek, jenis penyakit ini juga dapat dijumpai pada tanaman rumput odot walaupun mungkin jenis penyakitnya beda, tapi dari cara kerjanya hampir sama, hanya saja penyakit ini hanya kita jumpai pada tanaman muda.

Inilah salah satu problem yang belum bisa diatasi oleh sebagian petani rumput odot untuk mencegah dan memberantas penyakit bercak hitam pada daun.
Cara kerja bercak hitam pada daun
Pada awal muncul penyakit ini terlihat titik kecil pada permukaan daun yang kemudian membesar dan bagian tengah mulai mengering. Pada kasus yang parah penyakit ini menyerang ujung daun dan membuat daun menjadi kering tanpa layu terlebih dahulu seolah permukaan tanaman ini digigit serangga, akan tetapi dari pengamatan kami tidak dijumpai sejenis serangga.
Perhatikan foto-foto koleksi kami di bawah ini dari contoh penyakit bercak daun atau black spot.
Pada pemulaan keberadaan penyakit ini terlihat itik coklat kehitaman dan mulai menyebar.
Pada kasus yang parah seperti yang Anda lihat di atas yang mana daun terlihat berlubang dan yang belum berlubang bagian tengah memutih karna permukaan dan hilang dan tinggal kulit saja.

Penyakit yang lain dalam budidaya rumput odot adalah kutu daun atau sejenis thrips, cara mengatasinya sudah kami uraikan pada artikel yang lain di blog ini menggunakan racikan sendiri dan sudah terbukti ampuh walaupun harganya cukup murah, dan bahan mudah didapatkan di sekitar tempat tinggal Anda.