Selasa, 23 Agustus 2016

Budidaya Azola Untuk Pakan Ternak Ikan Sapi Kambing Unggas dan Kompos

kebunia :: Budidaya Azola Untuk Pakan Ternak Ikan Sapi Kambing Unggas dan Kompos
Bagi Anda yang tinggal jauh dari lingkungan dengan sumber air melimpah seperti pesawahan, danau, empang, irigasi, mata air, dll bisa membudidayakan Azolla dengan mudah karena tanaman Azolla bisa dibudidayakan di lahan kering. Kebunia memberi panduan cara budidaya Azolla di lahan kering.
Perhatikan foto dan petunjuk budidaya Azollah di lahan kering menggunakan bahan dan media yang murah berikut ini.
1. Siapkan wadah untuk menampung media berbentuk bak dengan material yang kuat dan tahan lama, dalam foto saya contohkan menggunakan kerajang bekas buah yang bisa dibeli di toko buah.

2. Tempatkan lembaran plastik hitam untuk mencegah cahaya masuk dari samping agar tidak tumbuh lumut pengganggu.

3. Isi bak dengan air bersih dan pupuk sesuai kebutuhan, paling baik adalah jenis pupuk yang berfungsi merangsang pertumbuhan akar dan daun. Merek dan takaran menyesuaikan. Kebunia tidak merekomendasikan merek pupuk tertentu supaya mudah bereksperimen dan mendapatka jenis pupuk yang tersedia di tempat Anda.

4. Siapkan bibit yang bisa Anda ambil di sawah, kolam, dan lain-lain secukupnya.

5. Amati perkembangan pertumbuhan Azolla hingga panen.

6. Jika perkembangan tanaman semakin padat kurangi jumlahnya agar tidak berdesak-desakan karena Azolla memiliki daya tumbuh cukup baik dan cepat.

7. Lakukan pemupukan berkala setiap setelah panen dan usahakan terkena sinar matahari langsung kurang lebih 6 jam perhari.
8. Jika ada yang belum jelas diskusikan dikolom komentar, kami akan jawab segera. Insyaa Allah.